Skip to toolbar
Fri. Oct 23rd, 2020

Halo, berjumpa lagi dengan kami, pada kesempatan kali ini kami akan share tutorial mengenai Nmap, bagaimana cara ScanVersion aplikasi pada host. ScanVersion adalah salah satu fitur yang populer dikalangan pengguna Nmap, karena dengan fitur ini Nmap dapat mendeteksi versi aplikasi dari suatu sistem.

Baik untuk cara menggunakannya, kalian bisa ikuti langkah” dibawah ini :

[email protected]:~$ apt update && apt upgrade

[email protected]:~$ nmap -sV scanme.nmap.org

nah setelah memasukan command diatas, kita tunggu sampai nmap menunjukan hasilnya, oh iya, perlu diketahui, aplikasi / versi aplikasi yang kita dapat di nmap ini sebenarnya didapatkan melalui port yang kita temukan selagi kita melakukan scanning.

 

Nah setelah keluar hasilnya seperti gambar diatas, kalian lihat terdapat kolom baru bernama VERSION yang didapatkan melalui Service Detectionkolom inilah yang akan menampilkan versi dari layanan yang telah ditentukan oleh Nmap melalui host yang kita scan.

Service Detection merupakan salah satu fitur yang banyak digemari dalam Nmap, karena sangat berguna dalam banyak situasi seperti mengidentifikasi kerentanan aplikasi pada versi aplikasi tertentu dan juga dapat digunakan untuk memastikan apakah aplikasi pada jaringan sudah berjalan sesuai dengan portnya.

Bagaimana sih cara kerja ServiceDetection ? Nah, fitur service Detection ini pada dasarnya bekerja dengan mencocokan database yang ada pada Nmap. Ketika kita melakukan scanning, Nmap akan memeriksa database nmap-service yang ada pada direktori /usr/share/nmap, kemudia database ini dicocokan dengan hasil yang didapatkan dari port yang terbuka. Jika cocok, maka versi akan ditampilkan pada kolom version

 

Nah selain perintah diatas, dibawah ini akan kami jabarkan beberapa beberapa Command Mengenai ScanVersion yang bisa kalian gunakan :

[email protected]:~$ nmap -O <target> “Perintah ini digunakan untuk mendeteksi SistemOperasi”

[email protected]:~$ nmap -sV <target> “Perintah ini digunakan untuk mendeteksi ServiceDetection”

[email protected]:~$ nmap –traceroute <target> “Perintah ini digunakan untuk TracerRoute”

[email protected]:~$ nmap -A <target> Untuk melakukan semua scanning diatas dan teknik scanning dengan menggunakan NSE ( Nmap Script Engine ) yang akan dibahas di pembahasan yang akan datang.

Mudah bukan untuk melakukannya ? yaa untuk kalian yang masih penasaran konten kami selanjutnya, jangan lupa untuk Like Follow dan Ikuti terus postingan dari Blog kami. Bat kalian yang ingin bertanya, silahkan tanya di kolom komentar.

Baiklah segitu saja dari kami, Salam dari All Team BrizerXone Cyber | Official Website  BrizerXone Cyber

 

By Anonre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.