Skip to toolbar
Wed. Oct 21st, 2020

Halo guys, ketemu lagi dengan kami di pembahasan yang gaada habisnya ini, hehe. Pada kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai Nmap Scanning Open Relay. Nah untuk kalian yang masih bingung apa itu open relay, kalian bisa simak penjelasan kami di pembahsan sebelumnya

Nah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja sekarang kita masuk ke pembahasan, bagaiamana cara Scanning Open Relay di sebuah server dengan menggunakan Nmap. Commandnya, kalian bisa lihat dibawah ini :

[email protected]:$~ apt update && apt upgrade
[email protected]:$~ nmap -sV –script smtp-open-relay -v <target>

 

Penjelasan

–script smtp-open-relay : adalah sebuah nmap script, yang dimana pembuat script ini adalah Arturo’Buanzo’ Busleiman pada situs Nmap, script tersebut mencoba 16 metode yang berbeda unutk menentukan apakah server SMTP terdeteksi open relay / tidak. Script ini pada defaultnya akan menggunakan port 25,465 dan 587 yang berstatus open port.

 

Nah, ketika kita sudah mencoba command diatas, kita tinggal tunggu hasilnya, dan contoh hasilnya jika server terdeteksi open relay adalah seperti dibawah ini :

Host script results:
| smtp-open-relay: Server is an open relay (1/16)

Jika kalian menemukan pesan tersebut setelah hasil scanning keluar, maka fix, web server tersebut open relay, dan ini bisa digunakan untuk tindak kejahatan dari orang” yang tidak bertanggung jawab.

Nah, mudah bukan untuk melakukannya ? untuk kalian yang masih penasaran apa yang akan kami bahas selanjutnya, jangan lupa untuk terus pantengin blog kita ya, sampe ketemu di pembahasan berikutnya, See you

By Anonre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.